Sebelum Berurusan dengan Tanaman Hias Asal Jepang, Simak 5 Hal Berikut Ini

Sebelum Berurusan dengan Tanaman Hias Asal Jepang, Simak 5 Hal Berikut Ini – Tahukah kamu bahwa tanaman hias yang berasal dari Jepang ini ternyata pesonanya tidak pernah redup dari tahun ke tahun. Hal ini terbukti dari para pegiat tanaman hias yang kian bertambah seiring berjalannya waktu.

Namun meskipun begitu, merawat tanaman hias yang satu ini juga tidak mudah. Hal ini tidak lain karena proses perawatannya sendiri cukup rumit dan pastinya membutuhkan ketelatenan yang besar.

Tetapi, semua hal yang kamu lakukan untuk merawat tanaman asal Jepang tersebut akan terbayar dengan setimpal. Mengingat harga jual dari tanaman bonsai ini begitu fantastis!
Maka dari itu, tidak sedikit orang yang ingin menggeluti tanaman bonsai ini untuk dijadikan peluang bisnis. Hal ini tidak lain karena tanaman bonsai tersebut mempunyai peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Jika kamu masih pemula dan belum begitu paham akan dunia bercocok tanam apalagi pemeliharaan bonsai, maka simak tips berikut ini. Sebab, ada beberapa macam hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu supaya tanaman bonsai mu tadi bisa tumbuh subur tentunya.

1. Pilih jenis tanaman yang tepat
Satu hal yang penting untuk kamu ingat yaitu tidak semua jenis tanaman bisa dijadikan bonsai. Untuk itu, sebelum melangkah ke seni pembuatan tanaman bonsai terlebih dahulu kamu harus paham betul kriteria tanaman apa saja yang bisa dipilih nantinya. Dengan begitu, kamu tidak akan salah langkah dalam merawat saat menjadikan tanaman tersebut sebagai bonsai.

Sebagai tambahan informasi, tanaman yang paling cocok dijadikan bonsai yaitu yang memiliki usia panjang dan juga berbiji dua alias dikotil. Tidak hanya itu, daya tahannya juga harus baik dan bentuk aslinya sendiri harus indah.

Sebab, nanti harga jualnya juga akan mengikuti bentuk asli dari tanaman bonsai itu sendiri. Beberapa contoh tanaman indah yang bisa kamu jadikan bonsai tidak lain yaitu yang mempunyai daun rindang hingga bunga yang cantik dan juga batang yang menarik.

2. Pilih Ukuran Pot yang Pas
Setelah memilih jenis tanamannya yang tepat, maka kamu juga harus memilih ukuran pot yang pas pada bonsai tersebut. Sebab, jika nantinya kamu salah memilih pot maka nutrisi yang akan diserap oleh tanaman bonsai tersebut juga akan terbatas.

Pastikan ukuran pot yang kamu gunakan tersebut tidak terlalu kecil sehingga nutrisinya nanti tercukupi. Tidak hanya itu, kamu juga harus menyesuaikan bentuk potnya dengan jenis tanaman yang dijadikan bonsai tadi.

Jika ingin mempercantik ruangan di rumahmu, maka gunakan pot tanaman bonsai dengan desain yang unik. Dengan begitu, nantinya tanaman bonsai dan juga pot yang kamu tersebut akan tampil lebih estetik tentunya.

3. Gunakan Media Tanam yang Tepat
Selama proses pembentukan bonsai, kamu harus menggunakan media tanam yang tepat supaya nantinya bisa tumbuh subur. Coba gunakan media tanam berupa pasir sebab hal tersebut mampu mencegah genangan air yang terlalu lama pada akar.

Namun, jika kamu ingin menggunakan media tanam berupa tanah maka tidak ada salahnya juga. Tetapi pastikan pilih jenis tanah gunung maupun tanah merah yang gembur ya! Jangan lupa gunakan pupuk yang kaya akan manfaat seperti halnya kompos.

Kamu harus tetap memperhatikan tanaman bonsai tersebut dari berbagai macam serangan hama supaya tidak terserang penyakit nantinya. Tidak hanya itu saja, kamu wajib menjadi pot tanaman bonsai itu tadi di tempat yang teduh. Jangan sampai tanaman bonsai tersebut terlalu banyak terkena angin karena akan mengganggu proses pemeliharaannya.