Gunung Populer untuk Didaki dengan Pemandangan Istimewa

Gunung Populer untuk Didaki dengan Pemandangan Istimewa – Indonesia sangat eksotis dengan kondisi geografisnya. Bisa dibilang Indonesia memiliki ragam kondisi geografis yang menciptakan keindahan alam luar biasa. Ada puluhan hingga ratusan pantai dengan garis pantai yang sangat panjang karena ini adalah negara kepulauan dengan puluhan ribu pulau sehingga tentu ada banyak hal indah untuk disaksikan untuk wisata bahari, termasuk juga untuk wisata bawah laut. Ditambah lagi, ada juga puluhan danau eksotis di Indonesia. Kalau berbicara tentang bentang alam, tentu gunung adalah hal yang patut disebutkan. Ditambah lagi, Indonesia memang menjadi bagian diri cincin api dunia yang merupakan sebutan untuk gugusan gunung api dunia. Ada puluhan gunung api yang sangat luar biasa. Gunung tidak hanya menjadi destinasi yang sangat disukai para pendaki tapi ada juga wisatawan biasa yang tertarik untuk melihat keindahan alamnya karena tidak harus orang mendaki dengan adanya fasilitas pendakian dengan kendaraan di sana.

Salah satu gunung populer di Indonesia adalah Gunung Bromo. Gunung yang satu ini didaki ratusan hingga ribuan orang setiap tahunnya dan ini menjadi bukti betapa populernya dan terkenalnya gunung ini. Gunung ini pun menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang ada di Jawa Timur. Gunung ini istimewa bukan karena sekedar gunungnya sangat tinggi karena ini sama sekali bukan gunung tertinggi di Indonesia. Yang menarik dari Gunung ini adalah pemandangan yang ada di puncak gunungnya, terutama pemandangan matahari terbit. Banyak pendaki yang ingin menikmati pemandangan sunrise ini dan itu menjadi momen istimewa usai lelah mendaki. Mendaki Gunung Bromo pun tidak harus mendaki hingga lelah dengan tas gunung. Ada mobil jeep dan kuda untuk membantu pendakian yang bisa disewa.

Gunung kedua adalah Gunung Semeru. Gunung ini juga menjadi bagian dari gugusan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. Gunung ini memegang status sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa sehingga pendakian tentu akan memakan cukup banyak waktu serta membutuhkan stamina yang sangat prima. Sama seperti Gunung Bromo, yang dicari dari Gunung Semeru adalah pemandangan matahari terbitnya. Ini seperti menjadi bayaran setimpal untuk usaha dalam pendakian. Selain itu, pemandangan luar biasa di atas gunung ini sangat luar biasa. Salah satunya adalah Danau Ranukumbolo yang menjadi salah satu danau indah di atas gunung dan ini merupakan danau alami yang sering menjadi spot istirahat para pendaki dengan pemandangannya yang sangat indah.

Pulau Jawa memang menjadi salah satu pulau dengan gunung dalam jumlah sangat banyak. Selain dua gunung yang sudah disebutkan itu, ada juga Gunung Prau yang ada di Jawa Tengah. Gunung ini seringkali menjadi tujuan pendakian karena tingkat kesulitan dan pemandangan yang ada. Ketinggian gunung ini adalah 2.565 di atas permukaan laut. Medan yang ada pun cukup menantang bagi pendaki pemula sehiingga tentu perlu pendamping saat mendaki gunung ini pertama kali. Gunung ini bisa diakses dari Dataran Tinggi Dieng yang juga menjadi salah satu destinasi di Jawa Tengah. Pemandangan dari puncak gunungnya sangat indah. Bukan saja pemandangan alam atau matahari terbit, tapi dari Gunung Prau ini, pendaki akan bisa melihat Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing yang bisa dilihat dengan cukup jelas dari ketinggian. Pemandangan ini memberikan sensasi yang sangat istimewa dan patut dinikmati.

Gunung lain yang bisa menjadi daya tarik di Indonesia adalah Gunung Rinjani. Gunung ini ada wilayah Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Lombok. Gunung ini sangat indah dengan ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian ini, Gunung Rinjani memang menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki medan pendakian yang menarik dan sekaligus menantang. Karena itu, Gunung Rinjani pun dianggap sebagai salah satu wisata tracking terbaik di Asia Tenggara. Pendakian yang cukup menantang di Rinjani ini akan dihadiahi oleh bunga edelweiss yang akan ditemukan di atas gunung. Tak hanya itu, ada danau indah yang akan menyambut pendaki, yaitu Danau Segara Anak.

Destinasi selanjutnya kembali lagi ke wilayah Jawa Timur. Kali ini, gunungnya tidak ada di wilayah taman nasional yang sama dengan Gunung Semeru dan Bromo. Kali ini, gunung yang sangat indah untuk didaki adalah Gunung Ijen. Gunung ini mencakup tiga wilayah, yaitu Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan juga Kabupaten Situbondo. Tracking dan tantangan yang ada di Gunung Ijen ini bukan menjadi daya tarik istimewa yang dicari. Yang banyak dicari adalah adanya Kawah Ijen dengan fenomena alam berupa api biru. Api biru ini menjadi suatu pemandangan yang istimewa. Di seluruh dunia, hanya ada beberapa tempat saja yang memiliki api biru alami ini, dan Gunung Ijen adalah salah satunya. Tempat lain yang ada api biru atau blue fire ini adalah Islandia. Tidak heran bila kemudian ini sangat terkenal.

Rasanya tidak akan lengkap bila tidak menyebutkan gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini berada di Papua. Nama gunungnya adalah Gunung Cartensz atau yang biasa juga disebut dengan nama Puncak Jaya. Gunung ini memang menjadi gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Gunung ini istimewa tidak saja karena statusnya sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Namun, ini juga satu-satunya puncak gunung di Indonesia yang tertutup oleh salju. Karena itulah, ini menjadi suatu tempat yang sangat istimewa dan patut menjadi tujuan pendakian bagi orang-orang yang siap mendaki dan menyukai tantangan.