8 Jenis Bonsai dari Jepang yang Cocok Dijadikan Tanaman Hias di Pekarangan

8 Jenis Bonsai dari Jepang yang Cocok Dijadikan Tanaman Hias di Pekarangan – Tanaman hias saat ini banyak digandrungi untuk mempercantik teras hingga dekorasi rumah. Tanaman hias yang cantik dapat memberikan kesenangan bagi orang yang memandangnya. Rumah yang banyak tanaman hias juga memberikan ketenangan kepada pemiliknya.

Salah satu tanaman hias yang populer adalah bonsai. Tanaman bonsai dari Jepang ada berbagai jenis dengan bentuk yang seperti pohon besar lainnya namun versi kecil. Jika tertarik menanam tanaman unik ini, berikut akan diberikan referensi jenis bonsai yang perlu diketahui.

Prinsip Tanaman Bonsai

Pada intinya, prinsip tanaman bonsai ini adalah jenis pohon yang dikerdilkan. Kemudian, tanaman tersebut ditanam dalam pot atau nampan kecil. Selanjutnya, dibentuk sedemikian rupa dengan cara memotong akar, ranting, hingga batang menggunakan gunting khusus.
Style dan gaya dari bonsai inilah yang akan mencerminkan ekspresi emosional dari pembuatnya.

Jenis Bonsai dari Jepang

Berikut adalah jenis bonsai dari Jepang yang cocok untuk mempercantik halaman rumah atau pekaranganmu.

1. Bonsai Beringin
Bonsai ini paling banyak digemari oleh para pecinta bonsai karena menyerupai beringin asli. Daunnya yang lebat dan batangnya yang lebar menjadikan tanaman ini terlihat sangat estetik.

Ditambah dengan potnya yang mini akan menambah keindahan bentuk dari bonsai beringin ini terlihat lebih jelas. Para kolektor bonsai pasti tidak akan melewatkan bonsai jenis ini.

2. Bonsai Cemara
Sesuai dengan namanya, bonsai satu ini sangat mirip dengan pohon cemara. Bonsai ini dicirikan dengan daunnya yang runcing dan memanjang, berwarna hijau keabu-abuan.
Berbeda dengan bonsai beringin, pohon cemara memiliki batang yang beralur dan kurus-kurus. Dengan menanam bonsai ini di pekarangan rumah, Anda bisa mendapatkan nuansa sejuk karena cemara biasa ada di pegunungan atau dataran tinggi.

3. Bonsai Sakura
Melihat pohon sakura dengan warna yang indah bukanlah sesuatu yang sulit. Bonsai sakura dari Jepang ini bisa mewujudkannya.

Tanaman ini dengan mudah akan menjadi perhatian jika meletakkannya di pekarangan. Warnanya yang putih dan pink akan memanjakan mata.

4. Bonsai Bougenville
Siapa yang tidak mengenal Bougenville? Bunganya yang berwarna-warni ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta bunga. Perawatan dari Bougenville juga terbilang mudah sehingga banyak yang menjadikan bonsai jenis ini pilihan tepat untuk mempercantik ruangan dan teras.

Bentuk bunganya setipis kertas namun lebar dan menggerombol. Ada berbagai pilihan warna dari bonsai ini mulai dari putih, ungu, kuning, dan pink.

5. Bonsai Delima
Tidak hanya bunga-bungaan yang bisa dijadikan bonsai, tetapi juga buah-buahan bisa dirias menjadi tanaman bonsai yang cantik. Salah satunya adalah bonsai delima ini.Seperti yang diketahui, buah delima memiliki bentuk yang unik

Selain mempercantik ruangan, bonsai jenis ini bisa dipanen buahnya sehingga dapat dimanfaatkan hasilnya. Jenis delima ada yang putih, merah, hingga ungu. Cara membuat bonsai delima ini tergolong mudah bagi pemula.

Anda tinggal membeli tanaman delima lalu, gunakan kreativitas untuk membentuk tanaman tersebut menjadi lebih artistik. Potong ranting dan batangnya agar terbentuk lekukan batang yang cantik. Jangan lupa untuk melakukan pruning akar dengan membersihkan akar yang jelek dan sisakan akar yang berada di bawahnya.

6. Bonsai Anggur
Selain delima, tanaman anggur juga bisa dijadikan bonsai. Jika sudah berbuah, bisa dipanen dan merasakan kelezatan buahnya yang manis dengan sedikit asam.

Cara menanam bonsai anggur ini memerlukan keterampilan ekstra. Namun, bisa dipelajari dengan cara berikut:

* Menentukan jenis anggur baik dari segi warna dan tanaman anggur yang cocok tumbuh di kondisi iklim rumah Anda.
* Pilih bibit anggur yang unggul agar bonsai yang terbentuk kokoh dan bagus.
* Siapkan pot dan media tanam.
* Tambahkan ajir atau tiang penopang agar tanaman dapat berdiri tegak. Ini dilakukan karena anggur adalah tanaman merambat.
* Melakukan pemangkasan secara rutin. Pemangkasan ini bertujuan agar merangsang tumbuhnya buah lebih cepat.
* Lakukan perawatan bonsai anggur dengan menyiram dan memberinya pupuk.

7. Bonsai Azalea
Selanjutnya ada bonsai Azalea yang merupakan tanaman khas Jepang. Bonsai ini memiliki bunga yang cantik dengan warna pink. Daunya berwarna hijau gelap dan kecil-kecil. Gradasi warna antara daun dan bunga ini menjadikannya memiliki keunikan tersendiri.
Meskipun indah, proses perawatannya memang sedikit rumit. Anda perlu menjaga kelembaban media tanam agar tanaman bonsai ini tumbuh.

Bonsai Azalea cocok ditempatkan untuk mendekorasi rumah. Tempatkan bonsai Azalea di pekarangan atau tempat kerja dengan memadupadankannya dengan warna tembok yang sesuai agar terlihat indah.

8. Bonsai Anting Putri
Bonsai ini adalah tanaman yang dapat ditemui di Sumatra yang banyak menjadi incaran kolektor bonsai luar negeri hingga Jepang. Nama lain dari tanaman Anting Putri adalah Melati Air, Melati Anting, dan Anput.

Sedangkan di luar negeri sering dikenal dengan nama Water Jasmine. Bonsai ini memiliki bunga yang berwarna putih seperti Melati, tetapi bentuknya berbeda. Sesuai dengan namanya, bunga ini memiliki bentuk seperti anting wanita yang menjuntai.

Daunnya berbentuk bulat lonjong dengan ruas daun yang tersusun berlawanan. Sedangkan batangnya berwarna coklat dan terlihat kokoh. Bonsai ini sering menjadi favorit karena tanamannya yang dapat berbunga sepanjang tahun sehingga mudah dijadikan bonsai.

Bonsaikakigori – Berbagai jenis bonsai di atas memiliki keunikannya sendiri sehingga menghasilkan nilai estetika dan kreativitas bagi yang membuatnya. Berbagai bonsai dari Jepang ada yang merupakan tanaman berkayu berbunga dan ada yang berbuah. Jadi, manakah bonsai yang Anda pilih?